Senin, 06 Desember 2010

SEJARAH SINGKAT KOTA CILEGON

CATATAN SEJARAH KOTA CILEGON :
- Tahun 1651 : 
Cilegon masih merupakan sebuah kampung kecil dan pada masa itu Cilegon masih berupa rawa dan belum banyak didiami banyak orang. Namun sejak masa Kerajaan Banten dibawah Sultan Ageng Tirtayasa (Abdul Fatth) yang memerintah pada tahun 1651 - 1672, dilakukan pembukaan daerah persawahan di Serang dan Cilegon, maka sejak saat itu banyak pendatang yang datang dan menetap di Cilegon sehingga masyarakat cilegon sudah menjadi heterogen
- Tahun 1816 :
Cilegon dibentuk menjadi District (kewedanaan). Sejak saat itu perkembangan Cilegon menjadi sangat pesat yang semula dari perkampungan kecil menjadi kewedanaan. Kantor District Cilegon (Kewedanaan Cilegon) masih ada dengan berdiri kokoh dan saat ini digunakan untuk Rumah Dinas Walikota Cilegon dengan nama Gedung Negara. Pendidikan yang berbasis Islam yang menonjol yaitu perguruan Al-Khairiyah dan Madrasah Al-Jauharotunnaqiyah.
- Tahun 1962 : 
Di Cilegon berdiri Pabrik Baja TRIKORA, kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 35 tanggal 31 Agustus 1970 nama Pabrik Baja TRIKORA diganti menjadi Pabrik Baja PT. Krakatau Steel Cilegon berikut anak perusahaannya.
- Tahun 1986 :
Cilegon menjadi Kota Administratif berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 40 tahun 1986 tentang Pembentukan Kota Administratif Cilegon, dengan luas wilayah 17.550 Ha.
- Tahun 1999 :
Cilegon menjadi kotamadya berdasarkan Undang-Undang No. 15 Tahun 1999 tentang pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Depok dan Kotamadya Daerah Tingkat II Cilegon. Selanjutnya sesuai dengan Undang-Undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, Kotamadya menjadi Kota dengan demikian Kotamadya Cilegon menjadi Kota Cilegon.


Peta Kota Cilegon beserta Potensi-Potensinya


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar